Kematian dan Sedekah

      Ketika kematian telah datang kepada kita, tidak ada yang dapat menemani kita di alam kubur dan tidak ada pula yang dapat menyelamatkan kita dari siksa kubur kecuali amal kita ketika masih di dunia. Alam kubur merupakan akhir dari perjalan kita di dunia dan awal kehidupan kita di akhirat. Apabila di alam kubur kita memperoleh siksa, maka di kehidupan selanjutnya pun siksaan kita akan semakin berat yaitu di neraka. Telah disebutkan di dalam Al Qur’an dan itu merupakan suatu peringatan agar kita tidak menyesal kelak ketika kematian telah datang menjemput kita. Allah Ta’ala berfirman:

“Dan infakkanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian datang kepada salah seorang di antara kamu; lalu dia berkata (menyesali), "Ya Tuhanku, sekiranya Engkau berkenan menunda (kematian)ku sedikit waktu lagi, maka aku dapat bersedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang saleh." (QS Al Munafiqun : 10)

    Sebelum ada penyesalan ketika maut menjemput, kita diperintahkan untuk menginfakkan sebagian rezeki yang Allah karuniakan kepada kita.  Oleh karena itu, hendaknya kita bersyukur kepada Allah yang telah memberikan kepada kita rezeki itu, yaitu dengan membantu saudara-saudara kita yang memerlukan dan bersegera kepadanya sebelum datang kematian yang jika tiba, maka kita tidak dapat mengejar lagi amal saleh yang telah kita lalaikan.

       Mengapa orang yang sudah meninggal memohon untuk ditunda kematiannya sehingga ia dapat bersedekah? Kenapa tidak dia sebutkan sehingga dapat berpuasa atau beramal sholeh lainnya? Hal ini dikarenakan sedekah mempunyai banyak hikmah.

Pertama, sedekah merupakan salah satu amalan yang pahalanya terus mengalir ketika kita sudah meninggal. Hal ini didasarkan kepada sabda Rasulullah

“Apabila anak Adam meninggal dunia maka terputuslah amalnya kecuali tiga perkara yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak yang shaleh yang mendo’akan kedua orang tuanya.” (HR At Tirmidzi)

Kedua, sedekah dapat memadamkan panasnya kubur dan sebagai naungan di hari kiamat kelak. Sabda Rasulullah SAW

“ Sesungguhnya sedekah dapat memadamkan panasnya kubur bagi orang yang memberikan sedekah dan sesungguhnya orang mukmin akan bernaung pada hari kiamat nanti di bawah naungan sedekahnya.” (HR Tabrani)

     Oleh karena itulah, orang yang sudah meninggal akan bersedekah ketika diberi kesempatan untuk hidup lagi. Karena sedekah menghindarkan kita dari siksa kubur dan pahalanya pun terus mengalir bahkan sedekah menjadi naungan kita ketika hari kiamat nanti.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *