Teranglah Bintang Kehidupanku

Sudah tentu kita semua menginginkan bintang kehidupan kita bersinar terang. Semua hal yang kita lakukan berjalan dengan lancar. Setiap usaha yang kita lakukan menuai keberhasilan. Ingin setiap langkah yang kita ambil selalu tepat pada jalan menuju keberuntungan. Intinya, apa saja yang kita usahakan selalu berhasil dan sukses. Pertanyaannya, bagaimana caranya agar bintang kehidupan kita dapat bersinar terang? Bagaimana kemudahan-kemudahan dan keberuntungan-keberuntungan itu bisa kita dapatkan? Bukankah jalan itu tak selalu mulus? Pasti banyak lubang disana-sini.

Namun, sebagai seorang yang beriman sudah sepatutnya kita percaya dan yakin akan kebenaran firman Allah sebagai berikut:

Artinya: “Adapaun orang yang memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertakwa dan membenarkan adanya pahala yang terbaik (surga) maka Kami akan menyiapkan baginya jalan yang mudah.” (QS Al Lail : 5-7)

Dari ayat tersebut dapat kita simpulkan tiga hal yang Allah perintahkan supaya jalan yang kita ambil memperoleh kemudahan, yaitu:

Pertama, suka memberi dan murah hati. Kita harus memiliki sikap dermawan, suka memberikan sebagain harta benda yan kita miliki kepada orang-orang yang membutuhkan atau yang sedang kesulitan, menyantuni anak yatim piatu, para janda serta orang-orang jompo yang tidak memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dari Abu Hurairah ra, Nabi SAW, bersabda: “Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat. Barang siapa yang menutupi aib seorang muslim, pasti Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa menolong hamba Nya selama hamba Nya itu suka menolong saudaranya”. (HR. Muslim)

Kedua, bertakwa. Secara sederhana, takwa adalah menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Allah menyatakan akan memberikan kemudahan dan fasilitas serta rizki dari arah manapun yang tidak diduga-duga. Sebagaimana firman Allah berikut ini:

“Barangsiapa yang bertakwa kepada Allah. Niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rizki dari arah yang tiada disangka-sangkanya.” (QS At-Thalaq : 2-3)

Dan firman-Nya:

“Dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah niscaya Allah akan menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” (At Thalaq : 4)

Ketiga: membenarkan adanya pahala yang terbaik (surga). Mempercayai nila-nilai kebenaran akan mendatangkan keberuntungan. Ketika kita perhatikan sesungguhnya dalam kehidupoan di dunia ini ada dua unsut yang sangat menentulan dan mewarnai kehiduan manusia, yaitu nilai-nilai kebaikan yang akan mengantarkan manusia pada kerusakan, kebinasaan dan kehancuran.

Marilah kita bersama-sama membuat bintang kehidupan kita bersinar lebih terang dan semakin terang dengan menjalankan perintah-Nya dan sunnah Nabi Muhammad SAW.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *