Dropping Air Bersih Gunung Kidul

Kekeringan memang menjadi becana tahunan yang terjadi di Kabupaten Gunung Kidul. 11 kecamatan di Gunung Kidul menjadi wilayah terdampak kekeringan. Kekeringan ini terjadi akibat struktur tanah di Wilayah Gunung Kidul yang merupakan batuan kapur yang menyebabkan sumber mata air berada pada air tanah yang sangat dalam. Selain itu, PDAM juga belum mampu menyuplai air ke seluruh wilayah Gunung Kidul.

Pada Rabu, 8 Agustus 2018 Arba Peduli bersama Tim PBMT Maal DIY berkesempatan untuk melakukan dropping air bersih ke Gunung Kidul. Bantuan air bersih sebanyak 170 tangki diserahkan secara simbolis kepada Wakil Bupati Gunung Kidul, Dr. Drs. Imawan Wahyudi, M.Hum di halaman Kantor BMT Dana Insani Gunung Kidul. “Saya mewakili masyarakat Gunung Kidul mengucapkan terima kasih atas perhatian dari rekan-rekan PBMT Maal DIY yang telah memfasilitasi banyak orang yang meskipun dalam keterbatasan tetapi mampu berikutserta dalam meringankan beban saudaranya demi beramal shaleh.” Sambut Wakil Bupati Gunung Kidul. Beliau juga menyampaikan kabar gembira bahwa di Kecamatan Panggang  telah terdapat 15 sumur bor yang diharapkan mampu memenuhi kebutuhan air di wilayah sekitarnya sehingga dapat mengurangi dampak kekeringan.

Pecah kendi oleh Wakil Bupati Gunung Kidul sebagai simbolis penyerahan bantuan air bersih dari PBMT Maal DIY
Pecah kendi oleh Wakil Bupati Gunung Kidul sebagai simbolis penyerahan bantuan air bersih dari PBMT Maal DIY

Dalam acara tersebut hadir pula Kepala BPBD Kabupatan Gunung Kidul Bapak Edi Basuki beserta jajarannya. “Setiap tahun rata-rata kebutuhan tangki di Kabupaten Gunung Kidul mencapai 15.000 unit. Sedangkan BPBD baru mampu memenuhi 50% dari kebutuhan. Selebihnya mengandalkan bantuan dari pihak swasta. Bantuan dari pihak swasta ini sangat membantu BPBD untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat .”  tutur beliau dalam sambutannya. Beliau juga menambahkan bahwa saat ini terdapat satu kecamatan yang meminta bantuan dropping air bersih dari BPBD yakni Kecamatan Saptosari. Tahun-tahun sebelumnya, Kecamatan Saptosari dapat secara mandiri memenuhi kebutuhan air sendiri.

Selain Wabup Gunung Kidul, dan Kepala BPBD Kabupaten Gunung Kidul, hadir pula Kepala Puskopsyahada Gunung Kidul, Ketua PBMT Maal DIY serta Ketua Baznas Gunung Kidul. Dalam sambutannya, Ketua PBMT Maal Bapak Arif Yulianto, SE mengatakan, “Kami mewakili teman-teman PBMT Maal DIY memohon do’a supaya kami diberi keistiqomahan dan kekuatan dalam memberdayakan masyarakat ke depannya dan untuk seterusnya.”

 Terima kasih kepada para donatur yang telah berpartisipasi dalam kegiatan ini, semoga dapat menjadi pemberat amal kita di akhirat kelak. Aamiin Yaa Rabbal’alamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *