Cinta Untuk Rohingya

Bencana kemanusiaan yang menimpa etnis Rohingya di Myanmar telah menjadi perhatian dunia. Bahkan PBB telah menyatakan Rohingya sebagai kelompok etnis teraniaya di dunia. Hal ini didasarkan pada perlakuan pemerintah Myanmar yang tidak mengakui kewarganegaraan etnis Rohingya sehingga etnis Rohingya tidak memperoleh haknya sebagai warga negara Myanmar. Selain itu Pada tahun 2012, muncul gerakan Rohingya Elimination Group yang didalangi oleh kelompok ekstremis 969. Konflik yang pecah memakan 200 jiwa dan 140.000 warga Rohingya lainnya dipaksa tinggal di kamp-kamp konsentrasi yang tidak manusiawi. Menurut sebuah studi oleh International State Crime Initiative (ISCI) dari Queen Mary University of London, Rohingya sudah mulai memasuki tahap akhir genosida yaitu pemusnahan massal dan penghilangan dari sejarah.

Pada tahun 2017 ini, gelombang pengungsi etnis Rohingya kembali terjadi. Mereka mengungsi untuk menyelamatkan diri ke wilayah Bangladesh. Puluhan ribu pengungsi yang mayoritas merupakan wanita, lansia dan anak-anak membutuhkan pertolongan. Mereka membutuhkan tempat tinggal, sandang dan pangan. Hal ini mengetuk hati banyak pihak untuk turut serta membantu mereka meringankan penderitaan mereka karena ini juga merupakan kesempatan bagi kita untuk membantu meringankan beban mereka, kesempatan untuk kita memperoleh bantuan Allah di Hari Kiamat dan memperoleh kemudahan atas kesulitan-kesulitan di dunia dan akhirat. Dari Abu Hurairah ra, Nabi SAW, bersabda: “Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat." (HR Muslim)

Arba Peduli memfasilitasi para donatur yang ingin mensupport materi kepada saudara-saudara Muslim Rohingya. Siswa Jurusan Perbankan Syari’ah SMKN 1 Bantul turut menyumbang dana sebesar Rp. 12.529.100,- yang dititipkan kepada Arba Peduli untuk disalurkan kepada pengungsi Rohingya melalui Dompet Dhuafa. 

IMG-20170920-WA0018
Serah terima dana kemanusiaan untuk Rohingya dari perwakilan siswa Jurusan Perbankan Syari'ah SMK N 1 Bantul kepada Manajer Baitul Maal BMT Artha Barokah

Pada Selasa 4 Oktober 2017, Arba Peduli menyerahkan secara simbolis donasi kemanusiaan dari para donatur untuk Rohingya sebesar Rp. 18.410.200,-. Di hari yang sama, para siswa yang tergabung dalam Rohis SMK N 1 Bantul kembali menyumbangkan dana sebesar Rp. 1.000.000,- melalui Arba Peduli untuk pengungsi Rohingya.

Penyerahan secara simbolis Dana Kemanusiaan Untuk Rohingya
Penyerahan secara simbolis Dana Kemanusiaan Untuk Rohingya

Kita semua berharap supaya konflik ini segera menemukan solusi sehingga mereka dapat kembali menikmati kehidupan yang layak. Semoga sedikit sumbangan dari para donatur yang disalurkan untuk pengungsi Rohingya dapat sedikit meringankan beban penderitaan mereka. Bagi para donatur, semoga diberikan kesehatan serta rizki yang berlimpah supaya dapat terus bermanfaat bagi orang lain. Aamiin Yaa Rabbal ‘Alamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *