Baitul Maal

Sekilas tentang Baitul Maal

Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) merupakan suatu lembaga keuangan yang berlandaskan syariah. Sebagai lembaga keuangan baru yang berlandaskan syariah peran dan fungsi BMT mempunyai posisi yang strategis di tengah sistem perbankan konvensional yang syarat dengan riba. Hal ini disebabkan BMT menjalankan dua fungsi sekaligus yaitu satu sisi mengembangkan aspek sosial (Baitul Maal), dan di sisi lain mengembangkan aspek bisnis (Baitul Tamwil), dimana di dalam menjalankan kedua fungsi tersebut berlandaskan sistem syariah Islam.

Baitul Maal Artha Barokah adalah sebuah lembaga amil zakat yang dikukuhkan menjadi Mitra Pengelola Zakat Dompet Dhuafa berdasarkan Surat keputusan resmi dengan SK No.807/DD/SK-DIREKTUR/VII/2012. Lembaga ini memberikan fasilitas kepada muzaki atau donatur berupa zakat, infak, sedekah dan wakaf kemudian akan disalurkan kepada yang berhak, sesuai dengan syariah Islam.

Dengan Surat keputusan tersebut maka diharapkan pengelolaan akan lebih professional dengan pembinaan dan supervisi dari Yayasan Dompet Dhuafa dengan program-program yang lebih baik.

Visi

Menjadikan Baitul Maal Artha Barokah yang profesional dan amanah dalam bidang pemberdayaan ekonomi dan pendidikan masyarakat di Indonesia.

Misi
  1. Sebagai penggerak gerakan zakat, infak, sedekah dan wakaf.
  2. Pemberdayaan ekonomi dan pengembangan umat sesuai syariah
  3. Memantu pendidikan bagi masyarakat yan kurang mampu
  4. Membantu korban bencana, kesehatan dan sosial masyarakat.
Rekening donasi Bank Syariah Indonesia a.n. Baitul Maal Artha Barokah ( 7220688962 ) Konfirmasi donasi: 081392891155